Tips Memilih Layanan Leasing Terbaik Untuk Bisnis Usaha

Kembali ke pemahaman awal, bahwa pasar merupakan fasilitas perekonomian untuk menjalankan fungsi ekonomi itu sendiri seperti sederhananya adalah jual-beli. Bagi pelaku bisnis, pasar berguna untuk memperluas, menumbuhkan, dan mengasah aset bisnis. Akan tetapi pada saat yang sama kegiatan bisnis ini memerlukan fasilitas seperti modal dan peralatan untuk membantu jalannya bisnis tersebut. Salah satunya bisa dengan mengajukan leasing untuk meringankan hal tersebut.

Leasing merupakan bagian dari fasilitas atau jasa dalam perekonomian yang memiliki banyak kelebihan dan keuntungan di dalamnya. Sebelum mengajukan leasing, memahami seputar kebutuhan bisnis Anda merupakan bagian terpenting. Memahami dan memilih jenis leasing terbaik untuk bisnis Anda juga hal yang sangat penting sekali.

Cermat Dalam Memilih Layanan Leasing

Cermat memilih leasing

Ada pepatah lama mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar. Dan pastinya pepatah tersebut berlaku hingga saat ini. Ketika Anda hendak datang ke layanan leasing, tentunya Anda ingin semua yang berkaitan dengan proses leasing dari mulai pengadaan barang hingga tanggung jawab pembayaran Anda dilakukan secara jelas dan terbuka. Jadi apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan dan tidak ada penambahan atau pengurangan dari segi kualitas atau kuantitas yang berpengaruh pada kesepakatan harga awal.

Sebelum memilih layanan leasing terbaik, memilih toko dengan rating terbaik adalah cara yang cerdas untuk memulai. Sebelumnya Anda harus tahu jenis peralatan apa yang Anda butuhkan untuk bisnis. Selanjutnya tinggal membandingkan pilihan dengan perusahaan yang berbeda. Beberapa hal penting untuk memilih layanan sewa guna usaha adalah:

  • Biaya per bulannya
  • Kontrak untuk pemeliharaan
  • Pelatihan yang ada
  • Kualitas layanan pelanggan
  • Ketersediaan untuk berbagai dukungan teknis
  • Jangka waktu kontrak yang ditawarkan
  • Ketentuan perpanjangan

Ketika datang ke sewa guna usaha dengan jangka waktu yang panjang, lebih baik untuk menetapkan persyaratan dari awal untuk memberikan hasil terbaik untuk overhead bisnis yang sedang Anda tekuni. Selain itu, perhatikan juga dalam hal pemeliharaan apakah dalam satu paket atau dengan biaya terpisah.

Jika sebuah barang dari leasing tidak berfungsi, biasanya perusahaan leasing akan menggantinya dengan yang baru. Tetapi tentunya dengan ketentuan tertentu seperti jika bukan dari kesalahan pengguna atau hal lainnya. Pastikan Anda mengetahui semuanya sebelum benar-benar menentukan leasing pilihan Anda dengan bijak.

Wasapada Jika Ada Penambahan Biaya

Penambahan biaya

Informasi ini sangatlah penting karena ketika Anda menentukan barang dalam leasing dan memastikan semuanya harus berjalan secara normal. Namun ketika ada kerusakan, perlu ada penentuan kontrak atau negosiasi pemeliharaan atau perbaikan. Tanyakan apakah semua biayanya sudah termasuk dalam paket leasing atau terpisah.

Selain itu, ketika model barang dalam pengajuan leasing terdapat versi yang lebih baru dan lebih baik tersedia, apakah dalam peningkatan ke model terbaru ini perlu menunggu hingga kontrak habis untuk pembaruan atau bisa juga saat atau kondisi tertentu.

Dengan menanyakan hal tersebut pada awal kontrak atau negosiasi, ini dapat menghindari biaya tersembunyi atau tambahan. Coba tanyakan apakah sewa jangka panjang terdapat ketentuan yang berbeda dari jangka pendek atau sama saja. Pertanyaan-pertanyaan ini berguna untuk menurunkan kekhawatiran jika ada biaya lain atau ketentuan yang tidak jelas saat menegosiasikan sewa. Intinya, tanyakan seputar pembayaran, pemeliharaan, dan ketentuan jika terdapat gangguan baik dari segi pembayaran atau barang yang tidak sesuai/ada kerusakan.

Terakhir, Keabsahan Penggunaan Barang Leasing

Keabsahan

Walaupun tidak akan menjadi perhatian utama untuk setiap barang leasing, tetapi bagi pelaku bisnis yang profesional tentunya mengetahui mengenai batasan tertentu dalam penggunaan suatu alat atau barang. Contoh sederhananya ketika pengadaan peralatan komputer, hal yang perlu menjadi pertanyaan seperti lisensi perangkat lunak atau batasan kuota penggunaan. Tanyakan apakah semua pengadaan termasuk lisensi juga atau secara terpisah dari produk utama.

Contoh kasusnya ketika kontrak sewa guna usaha atau leasing memiliki jangka waktu satu tahun, apakah setelah selesai jangka waktu tersebut lisensi masih bisa digunakan saat ada pembaruan atau malah sebaliknya. Informasi sederhana ini sangat berguna sekali untuk tetap menggunakan barang atau peralatan bisnis yang legal secara hukum dan ketentuan produsen. Sekian tips mengenai leasing kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *