Tips Memilih Judul Untuk Menarik Minat Pembaca

Penting dalam memilih judul yang baik untuk tulisan seperti cerita, teks deskripsi, narasi, dan lainnya. Tidak peduli seberapa baik konten dibuat, judul utama yang menarik perhatian akan selalu membuat perbedaan nyata. Tentu saja, dengan maksud untuk menarik perhatian pembaca yang relevan.

Dengan kata lain pembaca akan mudah tertarik dengan judul yang membuat penasaran dan meningkatkan keinginan untuk membaca. Selain itu, tulisan juga harus menarik rasa ingin tahu pembaca dengan hanya melihat judul sebelum benar-benar membaca isi tulisan secara lengkap. Berikut adalah tiga tips sederhana untuk membuat judul menarik dan meningkatkan rasa penasaran untuk membaca.

1. Sederhana Namun Mewakili Seluruh Konten

Sederhana & Menyeluruh

Ketika memutuskan untuk memilih judul, jangan terlalu banyak dan membuat minat membaca hilang. Pilihlah kata-kata dengan hati-hati dan gunakan seperlunya dengan tidak lebih dari apa yang dibutuhkan untuk menarik perhatian. Ingat bahwa judul tidak diperuntukkan dalam menceritakan keseluruhan cerita, akan tetapi setiap pemilihan kata harus harus meningkatkan rasa penasaran pembaca akan hal yang ingin diketahui melalui judul yang mewakili isi tulisan yang dibuat. Hindari pemilihan kata-kata berikut ini :

  • Jangan gunakan istilah atau kata yang tidak banyak orang ketahui
  • Gunakan frasa yang tajam dan membuat rasa ingin tahu meningkat
  • Hindari kata-kata yang tidak baik dan bersifat umpatan
  • Gunakan kata atau istilah yang sesuai dan mudah dipahami oleh target pembaca berdasarkan kriteria tertentu (umur, pekerjaan, minat, dll)

2. Buat Judul yang Relevan

Judul yang relevan

Saat membaca tulisan di internet seringkali menemukan judul yang menyesatkan. Tujuannya tidak lain hanya untuk menarik perhatian dengan cepat. Akan tetapi, secara tidak langsung juga akan kehilangan pembaca yang sama pada tulisan berikutnya karena merasa dipermainkan. Sebenarnya, tidak apa-apa untuk menggunakan kata yang meningkatkan rasa penasaran pembaca seperti dengan menambahkan istilah ambigu namun relevan dan tidak menyesatkan.

Pastikan bahwa pada saat pembaca melewati paragraf pertama, mereka mendapatkan apa yang mereka cari atau ingin tahu. Dengan demikian pembaca akan meneruskan membaca hingga akhir selama tetap penasaran pada hal yang mereka ingin ketahui. Untuk itu, gunakan paragraf berikutnya menjadi sebuah bumbu tulisan untuk melanjutkan ke paragraf selanjutnya.

Gunakan pembahasan atau istilah yang lebih terperinci atau melebar dengan penekanan kosakata dengan penuh keyakinan yang baik dan relevan. Dengan demikian, semua pembaca akan semakin termotivasi untuk melewati paragraf demi paragraf hingga akhir. Itulah pentingnya dalam memilih judul tulisan yang relevan.

3. Gunakan Istilah atau Kata yang Mudah Diingat

Kata yang umum digunakan

Dalam membuat tulisan, tentu menginginkan pembaca merekomendasikan atau membagikan konten tersebut kepada orang lain. Jika judulnya begitu asing sehingga benar-benar sulit diingat dan dicerna pembaca, maka pembaca hanya sekedar berlalu begitu saja. Meskipun menurut Anda -sebagai penulis- menganggap judul yang digunakan relevan, tapi pastikan setiap katanya mudah diingat dan lumrah digunakan banyak orang.

Dengan demikian, setelah rasa penasaran dan ingin tahu pembaca terpenuhi, selanjutnya mereka akan bersemangat untuk membagikannya pada orang lain. Dan tentunya saat menggunakan judul yang mudah diingat dan dicerna akan memudahkan pembaca berikutnya untuk melakukan hal yang sama.

Kesimpulan

Judul sering diabaikan karena dianggap tidak terlalu penting dan lebih memfokuskan pada isi konten yang melebar dengan judul lebih rinci. Anggapan judul tidak terlalu penting sangatlah kurang tepat. Ini dikarenakan judul sangat penting dan dapat memainkan peran besar guna menarik perhatian pembaca. Ketika digabungkan dengan salinan yang menarik, judul yang bagus dapat menghubungkan antara rasa penasaran pembaca dengan konten tulisan yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *