Inilah Kenapa Anda Harus Investasi Emas

Emas merupakan salah satu harta yang banyak digunakan sebagai penyimpan kekayaan selama ribuan tahun. Bukan tanpa sebab, emas Ini telah mempertahankan nilainya dalam tempo yang panjang dengan tidak secara langsung dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi masing-masing negara dan tidak bergantung pada ‘janji untuk membayar’.

Selain itu emas untuk investasi, emas juga bisa untuk perhiasan yang penggunaannya sangat relevan hingga saat ini. Sebuah nilai ganda; harta dan perhiasan. Dengan berinvestasi emas Anda memiliki kedua nilai itu selain fungsi ekonominya untuk menjadi harta yang memiliki nilai yang jelas. Selain itu, berikut alasan kenapa Anda perlu berinvestasi pada emas.

Sebagai Perlindungan Saat Perekonomian Tidak Pasti

Meskipun menanggung risiko pasar, emas selalu menjadi tempat perlindungan yang aman ketika kondisi perekonomian yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan kelebihan ini, emas selalu menarik investor yang bijaksana. Emas telah membuktikan dirinya sebagai cara yang lebih efektif untuk mengelola kekayaan.

Emas Selalu Konsisten

Alasan lainnya mengapa Anda perlu berinvestasi dalam emas yakni pengirimannya yang konsisten dalam portofolio aset. Kinerjanya juga cenderung lebih bergerak secara independen dari investasi lain dan indikator ekonomi utama. Bahkan bobot kecil emas dalam portofolio investasi dapat membantu mengurangi risiko secara keseluruhan.

Sebagian besar portofolio investasi terutama dalam aset keuangan tradisional seperti saham dan obligasi. Alasan untuk mengadakan investasi yang beragam adalah untuk melindungi portofolio terhadap fluktuasi nilai dari setiap kelas aset tunggal.

Emas Lebih Dipercaya

Portofolio yang mengandung emas umumnya lebih kuat dan lebih mampu menghadapi ketidakpastian pasar daripada yang tanpa emas di dalamnya. Menambahkan emas ke portofolio memberikan kelas aset yang sama sekali berbeda dari umumnya.

Emas tidak biasa karena merupakan komoditas dan aset moneter. Ini adalah ‘pengdiversifikasi yang efektif’ karena kinerjanya cenderung bergerak secara independen dari investasi lain dan indikator ekonomi utama.

Studi telah menunjukkan bahwa diversifikasi tradisional (seperti obligasi dan aset alternatif) sering gagal selama masa tekanan pasar atau ketidakstabilan. Bahkan alokasi kecil emas telah terbukti secara signifikan meningkatkan konsistensi kinerja portofolio selama periode keuangan yang stabil dan tidak stabil.

Emas meningkatkan stabilitas dan prediktabilitas pengembalian. Tidak berkorelasi dengan aset lain karena harga emas tidak didorong oleh faktor yang sama yang mendorong kinerja aset lain.

Investasi yang Sesungguhnya

Nilai emas, dalam hal barang dan jasa nyata yang dapat dibeli, tetap sangat stabil. Sebaliknya, daya beli banyak mata uang umumnya menurun.

Secara tradisional, akses ke pasar emas telah melalui investasi emas fisik, biasanya dalam bentuk koin emas atau batangan kecil, atau, untuk jumlah yang lebih besar, melalui pasar over the counter; emas berjangka dan opsi; ekuitas pertambangan emas, sering dikemas dalam reksa dana berorientasi emas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *