5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Artikel

Pembuatan artikel memerlukan keahlian dalam mengolah kata dengan pengetahuan dan sumber yang mumpuni. Oleh karena itu, penulis artikel dikenal memiliki kosakata yang lebih kaya karena terbiasa mengolahnya untuk menjadi sebuah karya tulis. Dalam praktiknya, pembuatan sebuah artikel memerlukan kesiapan dari segi pengetahuan, sumber literatur, dan ilustrasi untuk memberikan penjelasan lebih berupa gambar atau video.

Selain itu, ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan artikel. Misalnya dalam pemilihan kata kunci yang ideal untuk dikembangkan menjadi tulisan lengkap. Ini mungkin akan membutuhkan riset dari berbagai sumber untuk mengetahui topik yang sedang hangat diperbincangkan. Setelah itu, dibuat sebuah tulisan lengkap dengan pengolah intensitas kata kunci dalam keseluruhan artikel.

Pernah mendengar istilah copywriting? Kegiatan atau pekerjaan copywriting juga tidak lepas dari penulisan artikel yang terstruktur berdasarkan kata kunci. Banyak kaidah penulisan juga yang harus dipelajari untuk meminimalkan kesalahan penggunaan kata, penulisan, hingga penggunaan istilah. Untuk memahami lebih lanjut mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam membuat artike, simak penjelasan berikut ini.

Pemilihan & Intensitas Kata Kunci

Pemilihan kata kunci

Hal yang selalu diperhatikan dalam menulis sebuah artikel yakni pemilihan kata kunci dan penerapannya pada setiap kalimat hingga paragraf. Sebuah artikel haruslah selalu bersandar pada kata kunci dan frasa kata kunci yang relevan. Karena setiap pengunjung situs web yang mengunjungi suatu situs biasanya mencari sesuatu yang spesifik berdasarkan kriteria dan kata kunci yang diinginkan. Berikut tips dalam memilih kata kunci:

  • Pilihlah kata kunci yang sedang viral dengan melihat berita atau mengunjungi Google Trends.
  • Gunakan kata kunci yang umum dicari banyak orang (Makanan Khas, Tutorial, Tips & Trik, dan lainnya).
  • Hindari penggunaan kata kunci yang berbelit-belit.
  • Pilih kosakata atau frasa yang simpel namun mewakili banyak topik tertentu.
  • Kata kunci bukanlah pembahasan, jadi jangan terlalu panjang seperti deskripsi.

Saat akan mencari hal tertentu, seorang pergi ke mesin pencari (seperti Google dan Bing) dengan menulis kata kunci yang spesifik (makanan, tempat wisata, Bandung, Jakarta, dan lainnya). Setelah itu, muncul berbagai situs yang memuat penjelasan mengenai topik dari kata kunci yang terkait. Saat pertama kali melihat daftar situs yang ada, pengunjung langsung mengarahkan fokusnya pada judul artikel yang termuat oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci. Oleh sebab itu, pastikan hubungan antara kata kunci, judul, dan isi konten semua saling terikat satu sama lain.

Gaya Bahasa atau Majas

Pemilihan gaya bahasa (majas)

Saat menulis sebuah topik dalam artikel, pemilihan gaya bahasa atau majas sangatlah penting untuk menarik minat pembaca. Majas akan memberikan kekayaan bahasa yang membuat kesan tertentu pada pembaca sesuai dengan topik yang sedang ditelaah. Pemilihan gaya bahasa untuk artikel disesuaikan dengan topik atau kata kunci yang dikembangkan dalam sebuah artikel.

Majas akan membuat sebuah artikel menjadi lebih hidup dan pembaca akan terpengaruh oleh retorika yang dibuat. Semakin tergugah rasa penasarannya, seseorang akan terus membaca hingga apa yang mereka inginkan atau ketahui tercapai. Oleh karea itu, majas yang tepat akan membuat pembaca lebih betah dalam membaca.

Misalnya saat membuat artikel seputar penilaian pada pada hal tertentu, gunakan majas yang bisa membuat pembaca memiliki pertanyaan lebih di pikiran mereka. Seperti dengan memberi penilaian dengan membandingkannya pada hal lain dengan menggunakan majas perbandingan.

Literatur Penguat

Penambahan literatur

Dalam menulis artikel, penambahan literatur seringkali dibutuhkan dalam kasus tertentu. Penambahan literatur ini akan membuat seseorang percaya dan terpengaruh oleh artikel yang dibuat. Selain itu, penambahan literatur juga akan memberikan nilai lebih pada artikel yang ditulis (terlebih artikel bersifat penting atau ilmiah).

Pembaca akan lebih percaya pada sumber yang kredibel seperti jurnal, perkataan ahli, atau hal lainnya yang bisa memperkuat isi artikel dibandingkan dengan sekedar memberikan opini tanpa kutipan terpercaya. Dengan ini, jawaban akan pertanyaan yang pembaca sampaikan dalam pikirannya akan terjawab tanpa terbantahkan. Karena orang akan cenderung percaya pada perkataan orang terkemuka maupun sumber yang lebih kredibel.

Ilustrasi Gambar atau Video

Penambahan ilustrasi

Banyak orang menyebutkan bahwa gambar atau video akan memberikan penjelasan lebih dari yang terdapat pada tulisan maupun perkataan. Ini dikarenakan saat mencerna suatu tulisan, pembaca akan mengolahnya dalam pikiran mereka. Setelah itu pembaca akan membuat gambaran tertentu mengenai hal yang dibaca dalam pikirannya. Jika kesulitan mencari referensi, kunjungi YouTube untuk mencari ide video unik.

Pemberian ilustrasi berupa gambar atau video akan membuat pembaca lebih memahami dan menghayati isi pokok dalam suatu tulisan. Dengan kata lain pembaca akan semakin antusias dan memiliki gambaran secara langsung mengenai topik yang sedang mereka baca. Pemilihan gambar juga perlu disesuaikan dengan artikel yang dibuat dan target pembaca.

Keselarasan Kata Kunci Dalam Judul, Kalimat, & Paragraf

Konten dinamis

Pemilihan kata pada judul, kalimat, hingga paragraf dalam artikel haruslah saling terhubung dan melengkapi. Ini tentunya akan membuat pembaca tidak kebingungan saat mencerna isi tulisan yang dibuat. Membuat judul yang unik dan tajam memang akan menarik banyak pembaca, namun juga harus dipertanggungjawabkan pada pembahasan selanjutnya dalam artikel. Jangan sampai isi judul dengan konten berbeda karena hanya sekedar menarik pengunjung situs saja.

Memang pada awalnya mungkin terlihat banyak orang yang mengunjungi karena penasaran, namun lambat laun pengunjung enggan mengunjungi untuk kedua kalinya karena kecewa. Oleh karena itu, keberlanjutan pengunjung yang membaca tulisan tersebut akan ada dan mungkin juga akan mempromosikan pada orang lain secara sukarela.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *