4 Tips Meningkatkan Kualitas Tulisan Copywriting

Salah satu tujuan untuk membuat sebuah tulisan yakni untuk menarik minat pembaca. Dalam copywriting tulisan yang baik dan relevan sangat dibutuhkan untuk membuat pembaca melakukan tindakan berikutnya setelah membaca konten tulisan yang dibuat. Dengan demikian, tujuan dalam membuat sebuah tulisan akan tercapai.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada tulisan yang sempurna. Ada kalanya tulisan hasil copywriting sangat baik dan menoreh banyak perhatian secara luas pada hari ini. Akan tetapi tidak ada jaminan bahwa itu akan sama efektifnya pada hari, minggu, atau bulan berikutnya. Oleh karena itu, perlu adanya penelusuran lebih tentang minat dan topik yang sedang banyak dibicarakan dengan produk atau jasa yang ada.

Faktanya salinan tulisan juga memiliki masa produktif dalam menarik minat pembaca. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai ketertarikan pada sebuah konten tulisan seperti minat masyarakat, kondisi yang sedang terjadi, serta hal viral baru-baru ini. Untuk mengatasi itu, ada beberapa cara Anda dapat meningkatkan efektivitas dalam copywriting, antara lain sebagai berikut.

1. Tambahkan Video

Contoh menyematkan video YouTube

Alih-alih memberikan konten secara penuh berisikan teks, cobalah berkreasi dengan menambahkan video supaya pembaca jadi tidak mudah bosan. Jadikan teks tulisan Anda menjadi hidup dengan presentasi video yang menyertakan slide, animasi, dan urutan aksi langsung.

Penambahan video dalam tulisan hasil copywriting Ini dapat diposisikan ke arah akhir bagian, atau titik strategis lainnya di sepanjang konten. Perlu diingat juga, pastikan format video yang diberikan dapat diputar oleh target pembaca berdasarkan jenis perangkat dan kualitas jaringan.

2. Foto Untuk Menjelaskan Lebih Jauh

Jika menambahkan video tampak sedikit berlebihan, masukanlah foto yang akan membantu lebih menjelaskan poin-poin utama dalam aliran teks. Ini akan menambahkan sedikit bumbu visual untuk semakin membuat rasa ingin membaca meningkat. Terlebih lagi jika dirasa gambar sudah tidak relevan, maka akan dengan mudah mengubahnya dengan gambar yang baru dan tentunya memberikan tampilan konten yang terlihat segar dari waktu ke waktu.

3. Gunakan Font Menarik yang Jelas

Gunakan font baru yang segar dan membuat tulisan lebih menarik. Ini sangatlah sederhana sehingga banyak orang mengabaikannya. Dengan ini akan memberikan tulisan yang dimuat terlihat lebih segar hanya dengan membuat beberapa perubahan dalam gaya dan ukuran font dari waktu ke waktu. Pastikan untuk menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca.

Perhatikan juga antara konten yang dibuat dan juga jenis font yang digunakan. Untuk mencari font yang sesuai, coba telusuri di Google Font dan pilih untuk dijadikan font utama. Dengan kata lain, kegiatan copywriting dalam mengisi konten web juga membutuhkan font yang relevan dengan konten yang dibuat.

4. Pengolahan Kata Kunci yang Baik

Pernah menggunakan Google AdWords? Cobalah untuk memanfaatkan Google AdWords untuk meningkatkan konten tulisan. Dengan memasukkan kata kunci tertentu, konten akan memudahkan mesin pencari dalam mengarahkan lalu lintas relevan ke situs. Selain itu, penting juga dalam mempelajari optimasi situs web untuk tetap menjaga peforma web berdasarkan konten, kecepatan memuat, dan keterbacaan.

Mengolah paragraf di sini atau di sana. Anda tidak harus menulis ulang teks untuk membuatnya segar. Mengubah beberapa kata di sana-sini memberi kesempatan untuk menambahkan kata kunci baru, dan juga mengatur ulang aliran teks untuk memberikannya perasaan baru.

Kesimpulan

Dalam copywriting banyaknya tulisan tidaklah menjadi patokan utama yang menentukan kualitas tulisan yang dihasilkan. Banyak faktor yang membuat sebuah tulisan dirasa memiliki kualitas yang baik. Dari faktor tersebut ada kata kunci, relevansi, serta keterkaitan antar teks, kalimat, hingga paragraf. Disamping itu, dalam membuat konten di website juga perlu menambahkan beberapa elemen seperti gambar maupun video yang akan memberikan gambaran atau penjelasan lebih lanjut dari tulisan yang dibuat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *